Mengulas Tentang Fungsi Koil Motor Secara Menyeluruh

Mungkin spare part motor yang satu ini masih sangat awam didengar jika dibandingkan dengan spare part lainnya, karena seringnya disebut dalam sebuah perbaikan. Namun sparepart yang satu ini, tetaplah memiliki fungsi yang sangat penting dalam sistem kelistrikan pada sebuah motor, karena sparepart inilah yang mampu menimbulkan percikan api, sehingga mampu menjaga fungsi dari busi untuk melakukan pemanasan pada bagian lainnya dalam kendaraan. Spare part yang satu ini, pada umumnya lebih diidentikkan bersama dengan CDI, karena memang memiliki sistem kerja yang tidak bisa terlepas dari CDI itu sendiri. Ya, koil motor merupakan spare part yang bekerja untuk meningkatkan arus listrik yang dikeluarkan oleh CDI, sehingga dapat menimbulkan percikan api, untuk memicu kerja dari busi motor.

Secara umum, peningkatan arus listrik yang dilakukan melalui koil tersebut, dapat dilakukan melalui sistem kerja dari kedua kumparan yang terdapat didalam koil, dimana kedua kumparan tersebut biasanya disebut dengan kumparan primer dan kumparan sekunder. Untuk besaran tegangan listrik yang dihasilkan oleh koil sendiri, akan bergantung pada jenis koil yang ada pada motor Anda, dimana besaran standar yang dihasilkan oleh koil pabrikan sekitar 12.000 hingga 15.000 volt. Tegangan ini merupakan tegangan yang cukup besar, layaknya tegangan dalam listrik rumah Anda, sehingga sangat dianjurkan bagi Anda untuk selalu berhati-hati dan waspada dalam memperbaiki sparepart yang satu ini.

Selain memiliki fungsi untuk menghasilkan percikan api dari tegangan tinggi yang dihasilkan, koil juga memiliki fungsi lain yang secara umum masih awam diketahui oleh para pengguna motor. Fungsi lain tersebut adalah menjaga dan mengurangi emisi berbahaya, dari sistem pembakaran yang terjadi dalam kerja sebuah motor. Sehingga sangatlah wajar jika koil ini penting untuk diaplikasikan pada motor Anda, dengan pilihan terbaik dalam versinya, agar motor Anda pun dapat berfungsi dengan optimal dan aman ketika digunakan.

Untuk mendapatkan koil motor terbaik, yang dapat Anda aplikasikan pada motor kesayangan Anda, maka pedoman berikut ini dapat Anda gunakan, sebagai referensi dalam pemilihan, yang diantaranya adalah:

  • Pilihlah koil dengan daya pemanasan yang tinggi, dimana untuk mengetahui besarnya daya pembakaran ini, Anda dapat menyelipkan kertas diantara percikan api didalam busi motor, jika kertas mudah terbakar, maka koil tersebut memiliki daya pemanasan yang tinggi.
  • Jangan memilih koil berdasarkan percikan api yang dihasilkan, karena percikan api ini tidak menentukan besarnya daya pemanasan yang ditimbulkan oleh koil tersebut. Koil dengan standar kerja yang baik, biasanya akan memiliki daya pemanasan yang baik dan stabil dalam menjaga sistem pembakaran pada mesin motor yang Anda miliki.

Bagi mereka yang memang gemar mengotak-atik sepeda motor yang mereka gunakan sebagai tunggangan sehari-hari ini, biasanya koil standar yang ada dalam motor mereka tidak akan mereka gunakan, karena tidak mampu melakukan pembakaran secara optimal pada ruang pembakaran mesin, sehingga koil after market yang memiliki daya pemanasan lebih tinggi, akan dipilih sebagai solusi penggantinya.

Untuk mendapatkan koil motor versi aftermarket ini, kini pembelian online pun dapat Anda lakukan, karena jenis koil ini kini banyak disediakan oleh berbagai situs belanja online terpercaya di Indonesia, dengan tawaran harga yang lebih terjangkau, bahkan sistem pembayaran melalui cicilan kartu kredit pun dapat Anda nikmati, untuk kemudahan Anda dalam melakukan pembelanjaan berbagai jenis sparepart motor yang memang Anda butuhkan.

(Visited 28 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *